Pages

Sabtu, 10 November 2012

Sekilas Tentang Curug Ciputri

Penat dengan suasana yang panas di kota anda, tidak ada salahnya bila mencari alternatif liburan ke  Curug Ciputri. Curug Ciputri adalah salah satu curug di daerah kuningan yang terkenal dan memiliki suasana yang sangat indah, Curug Ciputri terletak di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat. Curug Ciputri memiliki ketinggian 20 meter dan berasal dari mata air dalam hutan Gunung Ciremai. Disana pula terdapat Bumi Perkemahan Palutungan yang sering digunakan berbagai aktifitas oleh berbagai sekolah maupun aktifitas keluarga.

Nama Curug Putri sendiri berasal dari legenda tempat tersebut sebagai tempat pemandian para putri dari Kahyangan, tempat para bidadari turun ke Bumi. Apabila ada hujan gerimis dan matahari bersinar maka dari Curug Putri ini dapat melihat Pelangi/ Katumbiri dan masyarakat meyakini bahwa ketika pelangi muncul artinya para dewi yang cantik jelita dari kahyangan sedang turun ke bumi.

Curug Ciputri berjarak kurang lebih 9 Km dari kota Kuningan ke arah barat dengan waktu tempuh sekitar 15 menit berkendara.  Sedangkan bila dari obyek Bumi Perkemahan Palutungan letaknya ke arah timur kurang lebih  500 m.

Jalan menuju ke Curug Ciputri Landung sejalan dengan ke Gua Maria di Totombok, Cisantana.  Bila dari arah kota Cirebon terlebih dahulu melewati kota Kuningan lalu menuju ke kecamatan Cigugur.  Kondisi jalan tersebut cukup mulus, dan dapat dilalui berbagai kendaraan, akan tetapi sempit dan berkelok- kelok.  Jarak dari Gua Maria ke Curug ini cukup dekat tinggal beberapa kilometer lagi ke area parkiran.  Dari lokasi parkir dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 50 meteran ke lokasi curug berada.
Untuk menuju kesana dari area buper kita harus melalui jalan setapak dari tanah yang masih alami yang menurun dan berundak-undak dengan berbagai tumbuhan di kiri kanannya. Suasana sejuk dan dingin telah terasa begitu kita menapaki jalan setapak tersebut, gemericik suara air terjun pun sudah terdengar mengiringi langkah kita.

Curug yang hanya setinggi 20 meter ini terdapat pada lembah yang tak begitu luas. Disana kita dapat menyaksikan indahnya air terjun yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang menghijau karena ditumbuhi semak-semak. Di bawah air terjun Curug Ciputri, terbentuk genangan air jernih mirip kolam yang tidak terlalu luas, dalamnya pun hanya sekitar 30 cm saja, dengan dihiasi bebatuan di dasarnya dan juga terdapat beberapa batu besar yang telah berlumut, sehingga menambah indah suasana di Curug Ciputri.

Curug Ciputri ramai di kunjungi pada hari minggu atau musim libur tiba, tak terkecuali bagi mereka yang hanya ingin mengunjungi Curug Ciputri atau berkemah di Buper Palutungan.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Palutungan tanpa berpose di Curug Ciputri, karena itu jika kondisi sedang ramai, para pengunjung rela bergantian untuk mendapatkan foto dengan latar belakang air terjun.

Tapi bagi yang bermaksud mencari ketenangan dari penatnya suasana kota, suasana dan kesejukan di Curug Ciputri ini sangat mendukung. Dan bila kita pergi ke Curug Ciputri lebih pagi atau selain pada hari libur, kita akan benar – benar merasakan ketenangan dan terbawa oleh suasana di sana, karena di saat - saat seperti itu selain suara kita, yang terdengar adalah suara gemericik air terjun yang menyejukkan hati.

0 komentar:

Posting Komentar