Pages

Minggu, 27 September 2015

Eksotisme Pantai Santolo - Kab. Garut

Liburan ke Pantai Santolo di Kab. Garut merupakan Liburan yang tidak dapat dilupakan, selain bersama Doi, juga perjalanan yang kami rasakan sangatlah melelahkan tetapi semua terbayar ketika sampai di Pantai Santolo yang indah itu.

Sunset Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah pantai di Desa Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut, yang merupakan garis pantai laut selatan, dan katanya langsung mengarah lepas ke samudra hindia.

 Akses ke pantai santolo cukup berliku, mulai dari melewati pegunungan, kebun teh, juga jalan kecil diantara tebing, tapi pemandangan pegunungan yang ditawarkan sungguh menakjubkan. Pantai Santolo dapat di tempuh dengan Kendaraan Umum, maupun pribadi, kebetulan saya menggunakan motor saat mengunjungi pantai santolo ini, perjalanan yang cukup melelahkan, karena memakan waktu 5 jam, 2 jam perjalanan dari Bandung - Garut Kota, Sedangkan dari Garut Kota - Pantai Santolo 3 jam.

Jalan Garut - Santolo

Untuk Fasilitas di pantai santolo banyak terdapat restauran yang merangkap penginapan dengan berbagai macam harga, mulai dari 150 - 350 atau lebih, saya kurang info untuk harga - harga penginapan disini. Pada post selanjutnya saya akan post tentang review penginapan yang saya tempati kala mengunjungi Santolo.

Pantai Santolo merupakan pantai yang indah pantai dengan Pasir Putih dengan ombak yang tidak terlalu besar, tetapi untuk segi kebersihan sangat kurang, bahkan di pinggir pantai pun masih banyak terdapat sampah yang mengganggu mata.

Selain pantai disini juga terdapat Pulau Santolo, dengan menyebrang menggunakan perahu nelayan, sebesar 2000 rupiah, Spot yang paling bagus untuk hunting foto, disini terdapat batu - batu karang yang indah dan apalagi ketika sunset, sungguh sanset disini sangat lah indah.

Menuju Pulau Santolo by Perahu 


Selamat Datang

Pemandangan Indah di Pulau Santolo dengan Bebatuan Karang Indah

Selain itu, dari pantai santolo ini terdapat akses menuju Pantai Sayangheulang dengan Jembatan Tua yang mungkin sudah rapuh dan tidak layak, selain itu juga dapat menyusuri pinggir pantai Pulau Santolo, walaupun hanya bisa dilewati pada siang hari, ketika laut surut, karena ketika sore hari dan laut pasang akses menuju Pantai Sayangheulang tersebut tertutup oleh air pasang, jadi ketika kami kembali ke pantai Santolo harus menyewa perahu nelayan sekitar karena jalan tertutup air.. hehe

 Jembatan Tua yang menghubungkan Pulau Santolo - Pantai Sayangheulang

Selain itu juga disana terdapat Cilauteureun, yaitu air laut yang mengarah kedaratan menambah keindahan pantai ini.
 Cilauteureun

Juga terdapat Jembatan tua di Pulau Santolo sebagai spot cantik untuk pengambilan foto

Jembatan di Pulau Santolo

Saran dari saya ketika mengunjungi Pantai Santolo lebih baik ketika musim panas, karena sangat disayangkan ketika mengunjungi Pantai Santolo tanpa menikmati eksotisnya sunset Pantai Santolo.

Melompat lebih tinggi.. hehe

Togetherness @Santolo Island




0 komentar:

Posting Komentar