Pages

Jumat, 19 September 2014

Penerapan Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis



Teknologi Informasi yang kian semakin berkembang, banyak pula digunakan diberbagai bidang, seperti bidang: pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan bisnis. Teknologi informasi yang sangat bermanfaat ini dapat membantu dan memudahkan setiap orang dalam melakukan setiap hal hanya dengan menggunakan koneksi internet.
Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang salah satu bidang penggunaan teknologi informasi dalam dunia bisnis. Pada dasarnya dunia bisnis atau jual beli harus dilakukan dengan saling bertemu antara penjual dan pembeli. Tetapi berkat adanya teknologi informasi, mulai banyak digunakan berdagangan secara elektronik atau E – Commerce, atau sering disebut pula, jual - beli online. Pada dasasrnya sebagian orang menganggap E – Commerce dan jual – beli online itu berbeda, tetapi saya ada di sisi yang menganggap E – Commerce dan jual – beli online itu sama, karena sama – sama jual beli dalam ranah internet.
Dengan adanya jual – beli online ini sangat membantu dan memudahkan kepada penjual dan pembeli yang tidak perlu bertemu secara langsung, terlebih bila penjual dan pembeli berlainan kota, pulau, maupun negara, tentu dengan adanya jual – beli online akan membantu pembeli untuk menekan ongkos bila bertemu atau mengunjungi toko yang berbeda kota, pulau, maupun negara tersebut, pembeli hanya dibebankan dengan tarif jasa expedisi pengiriman barang yang akan dikirim oleh penjual. Dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia bisnis ini, pembeli dapat dengan mudah memilih barang yang hendak dibeli melalui komputer atau gadget, lalu mengecek ketersediaan barang pada penjual, setelah sepakat, melakukan transfer uang, setelah itu penjual akan mengirimkan barang yang dibeli melalui jasa expedisi, pembeli hanya tinggal menunggu kedatangan barang tersebut.
Jual – beli online yang sangat populer akhir – akhir ini menekan timbul banyaknya toko jual beli online yang sangat membantu kepada penjual untuk mengiklankan produknya, dan juga pembeli untuk mencari produk yang diinginkannya. Selain itu banyak toko online yang sudah memiliki aplikasi yang terintegrasi android, sehingga dapat mudah di download oleh pengguna android juga dapat digunakan dengan mudah oleh para penjual online.
Teknologi informasi dalam dunia bisnis pun, memiliki kelemahan ataupun sisi negatif, yaitu kadangkala jual – beli online tersebut disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, contohnya : seperti penipuan dalam jual – beli online, yaitu penjual tidak mengirimkan produk yang telah dibeli pembeli dengan melakukan transfer sejumlah uang, penjual tersebut tidak bertanggung jawab. Tetapi dengan adanya toko online yang sudah memiliki keamanan yang cukup baik setidaknya dapat menekan tindakan penipuan seperti itu.
Tatapi kembali kepada manfaat yang sangat besar dan juga dapat dirasakan oleh penjual dan pembeli dalam menjalani jual – beli online, tidak dapat di pungkiri bahwa dengan adanya teknologi informasi dalam dunia bisnis sangat membantu, mempermudah, mempercepat, bahkan menyederhanakan proses jual – beli secara online ini.

0 komentar:

Posting Komentar